Terjemahan Kitab - Matan Al-Jurumiyah Makna Dayah | Terbaru 2019 | Bermula Ini Itu (Kitabkuning90) - KitabKuning90 -->

Terjemahan Kitab - Matan Al-Jurumiyah Makna Dayah | Terbaru 2019 | Bermula Ini Itu (Kitabkuning90)


Terjemahan Kitab | Matan Al-Jurumiyah | Makna Dayah
Kitab Matan Al-Jurumiyah

Yuk...Gabung ke Grup Whatshap kami untuk leluasa berkonsultasi kitab kuning. Klik link berikut ini:  Kitabkuning90 (Inan.id)

Terjemahan Kitab Matan Al-Jurumiyah Makna Pesantren dengan "Bermula ini itu" Lengkap. Bukalah dengan Google Chrome agar tidak ada laman yang hilang.
Terjemahan Kitab | Matan Al-Jurumiyah | Makna Dayah | Terbaru 2019
(Aku mulai) dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih (Ia Allah) lagi maha penyayang (Ia Allah).
TERJEMAHAN MATAN AL-JURUMIAH BAB KALAM

(Bermula ini itu) segala pembagian kalam

(Bermula) kalam dianya (kalam) (itu) lafadz yang disusunkan (akan Nya lafadz) lagi yang memberi faedah (ia lafadz) dengan secara sengaja. Dan (bermula) segala pembahagian nya (kalam) (itu) 3, (bermula salah satunya 3) (itu) Isim dan (itu) fi'il dan (itu) huruf yang datang (ia huruf) bagi makna.

Maka (bermula) Isim (itu) dikenalkan (akannya isim) dengan khafadh dan dengan tanwin dan dengan masuk Alif dan lam dan dengan masuk huruf-huruf khafadh, dan (bermula) dia (huruf khafadh) (itu) Min dan Ila dan 'ala dan Fi dan Rubba dan ba dan Kaf dan lam dan (itu) huruf-huruf Kasam dan (bermula dia huruf qasam) (itu) waw dan ba dan ta.

Dan bermula fi'il itu dikenalkan dengan qad dan Sin dan saufa dan ta taknis yang sakin (ia ta taknis).
Dan (bermula) huruf (itu) ma/kalimat yang patut besertanya (ma/kalimat) (oleh) tanda isim dan tidak (patut oleh) tanda fi'il.

Terjemahan Kitab | Matan Jurumiyah | Makna Dayah | Terbaru 2019
TERJEMAHAN MATAN AL-JURUMIYAH BAB I'RAB

Bermula ini itu BAB pada menyatakan I'rab

(Bermula) i'rab dia (i'rab) (itu) perubahan akhir-akhir kalimat karena berbeda-beda segala Amil yang masuk (ia Amil) di atasnya (kalimat-kalimat) pada lafadz atau takdir.
Dan (bermula) segala pembagiannya (i'rab) (itu) 4: (yaitu) Rafa' dan nasab dan khafadh dan jazam. Maka (tsabit) bagi isim-isim dari pada demikian (i'rab) (itu) Rafa' dan nasab dan khafadh dan Tiada jenis jazam padanya (isim-isim), dan (tsabit) bagi fi'il-fi'il dari pada demikian (i'rab) (itu) Rafa' dan nashab dan jazam dan Tiada jenis khafadh padanya (fi'il-fi'il).

TERJEMAHAN MATAN AL-JURUMIYAH BAB MA'RIFAH ALAMATIL I'RAB

Bermula ini itu BAB pada mengenal tanda tanda i'rob

(Tsabit) bagi Rafa' (itu) 4 segala tanda: (yaitu) dhammah dan waw dan Alif dan Nun. Maka Adapun (bermula) dhammah (itu) niscaya maka ada (ia dhammah) (itu) tanda bagi Rafa' pada empat segala tempat:
(Yaitu) pada Isim Mufrad dan pada jamak taksir dan pada jamak muannats salim dan pada fi'il mudhari' alladzi yang tidak bersambung dengan akhirnya (mudhari') (oleh) sesuatu.

Dan Adapun (bermula) Waw (itu) niscaya maka ada (ia waw) (itu) tanda bagi Rafa' pada dua tempat: (yaitu) pada jamak mudzakkar salim dan pada segala Isim yang lima dan (bermula) dia (Isim yang lima) (itu) "abuka" dan "akhuka" dan "hamuka" dan "fuka" dan "dzu mal".

dan Adapun (bermula) Alif (itu) niscaya maka ada (ia alif) (itu) tanda bagi Rafa' pada lafadz tasniyah dari Isim Isim (hal keadaan tasniyah itu) yang terkhusus dan Adapun (bermula) nun (itu) niscaya maka ada (ia nun) (itu) tanda bagi Rafa' pada fi'il mudhari, apabila bersambung dengan nya (fi'il mudhari') (oleh) dhamir tasniah atau dhamir jamak atau dhamir muannats mukhatabah.

Dan (tsabit) bagi nasab (itu) 5 segala tanda: (yaitu) fathah dan Alif dan kasrah dan ya dan buang Nun. Maka Adapun (bermula) Fatah (itu) niscaya maka ada (ia fathah) (itu) tanda bagi nasab pada 3 segala tempat: (yaitu) pada Isim Mufrad dan pada jamak taksir dan pada fi'il mudhari, apabila masuk diatasnya (fi'il mudhari) (oleh) 'Amil nashab dan tidak bersambung dengan akhirnya (mudhari) (oleh) sesuatu.

Dan Adapun (bermula) Alif (itu) niscaya maka ada (ia Alif) (itu) tanda bagi nasab pada segala Isim yang lima. (bermula demikian itu) seumpama; "aku lihat (akan) bapak engkau dan (akan) saudara engkau dan seumpama ma/contoh yang serupa (ia ma/contoh) (akan) demikian (tiap-tiap contoh). Dan Adapun (bermula) kasrah (itu) niscaya maka ada (ia katsrah) (itu) tanda bagi nasab pada jamak muannas Salim.

Dan Adapun (bermula) Ya (itu) niscaya maka ada (ia ya) (itu) tanda bagi nasab pada tasniyah dan jamak,

Terjemahan Kitab | Matan Al-Jurumiyah | Makna Dayah | Terbaru 2019
dan Adapun (bermula) buang Nun (itu) niscaya maka ada (ia buang Nun) (itu) tanda bagi nashab pada segala fi'il yang lima alati yang (bermula) rofa'nya (fi'il) (itu) dengan sebut Nun.

Terjemahan Kitab Matan Sulam Al-Munawraq Mantiq

Dan (tsabit) bagi khafadh (itu) 3 segala tanda: (bermula salah satunya 3 itu) kasrah dan (itu) "ya" dan (itu) fathah. Maka Adapun (bermula) kasrah (itu) niscaya maka ada (ia kasrah) (itu) tanda bagi khafadh pada 3 segala tempat: (yaitu) pada Isim Mufrad yang menerima sharaf dan pada jamak taksir yang menerima saraf dan pada jamak muannas Salim.

Dan Adapun (bermula) "ya" (itu) niscaya maka ada (ia ya) (itu) tanda bagi khafadh pada 3 segala tempat: (yaitu) pada segala Isim yang lima dan pada Isim tasniyah dan pada jamak. Dan Adapun (bermula) Fatah (itu) niscaya maka ada (ia Fatah) (itu) tanda bagi khafadh pada Isim alladzi yang tidak menerima saraf (ia isim).

Terjemahan Kitab jurumiyah
Bermula ini itu suatu fashal: bermula ini itu segala kalimat yang dii'rabkan.

Bermula segala kalimat yang dii'rabkan itu dua bagian, bermula satu pembagian itu dii'rabkan akan nya 1 pembagian dengan harkat-harkat dan bermula satu pembagian itu dii'rabkan akannya 1 pembagian dengan huruf-huruf.

Maka Bermula alladzi/ kalimat yang dii'rabkan akannya alladzi/kalimat dengan harkat-harkat itu 4 segala pembagian: Bermula salah satunya 4 itu Isim yang Mufrad dan itu jamak taksir dan itu jamak muannats yang Salim dan itu fi'il mudhari alladzi yang tidak bersambung dengan akhirnya fi'il mudhari oleh sesuatu. Dan bermula tiap-tiap nya empat itu dirafa'kan akannya tiap-tiap dengan dhammah dan dinasabkan akannya tiap-tiap dengan Fatah dan dikhafadhkan akannya tiap-tiap dengan kasrah Dan dijazamkan akannya tiap-tiap dengan sukun.

Terjemahan Kitab Khamsatun Mutun Matan Jauharah Tauhid

Dan keluar dari pada demikian i'rab oleh 3 segala perkara, bermula salah satunya 3 itu jamak muannas yang salim yang dinasabkan akannya jamak muannats Salim dengan kasrah, dan bermula salah satunya 3 lagi itu Isim allazi yang tidak menerima saraf ia isim yang dikhafadhkan akannya Isim dengan Fatah, dan bermula salah satunya 3 lagi itu fi'il mudhari yang dimu'talkan akan akhir yang dijazamkan akannya fi'il mudhari dengan buang akhirnya fi'il mudhari.

Dan bermula alladzi/ kalimat yang di i'robkan dengan huruf itu 4 segala pembagian: (Bermula salah satunya 4 itu) Isim tasniyah dan itu jamak mudzakkar yang Salim dan itu segala Isim yang lima dan itu segala fi'il yang 5. 

Dan bermula dia fi'il yang 5 itu "yaf'alani, dan taf'alani dan yaf'aluna dan taf'aluna dan taf'alina". Maka Adapun bermula Isim tasniyah itu niscaya maka dirafa'kan akannya Isim tasniyah dengan alif dan dinasabkan akannya Isim tasniyah dan dikhafadhkan akannya Isim tasniyah dengan ya.

Dan Adapun Bermula jamak mudzakkar yang salim itu niscaya maka dirafa'kan akannya jamak mudzakkar yang salim dengan waw dan dinasabkan akannya jamak mudzakkar yang salim dengan alif dan dikhafadhkan akannya jamak mudzakkar yang salim dengan ya.

Dan Adapun bermula fi'il yang 5 itu niscaya maka dirafa'kan akannya fi'il yang 5 dengan Nun dan dinasabkan dan dijazamkan akannya fi'il yang 5 dengan buangnya Nun.

 TERJEMAHAN MATAN AL-JURUMIYAH BAB AF'AAL

Bermula ini itu suatu BAB pada menjelaskan segala kalimat fi'il

Bermula segala kalimat fi'il itu 3 yaitu: Madhi dan mudhori' dan Amar. Bermula demikian tiap-tiap itu seumpama "dhoroba-yadhribu-idhrib". Maka bermula fi'il madhi itu difatahkan akhir pada selama-lama. Dan bermula fi'il Amar itu dijazamkan akannya fi'il amar pada selama-lama.

Dan bermula fi'il mudhori' itu ma/ fi'il yang adalah pada awalnya fi'il itu salah satu dari pada huruf tambahan yang 4, yang dihimpun akannya huruf tambahan oleh perkataan engkau: "Anaitu". Dan bermula dia fi'il mudhori itu dirofa'kan akannya fi'il mudhori' pada selama-lama, sehingga masuk di atasnya fi'il mudhori oleh amil tukang penashab atau oleh amil tukang penjazam.

Terjemahan Kitab Khulashah Nurul Yaqin Makna Pesantren

Maka bermula segala amil tukang penashab itu 10, dan bermula dia 10 itu: "An (bahwa) dan Lan (tidak) dan Idzan (ketika) dan Kai (supaya) dan lam kay (supaya) dan lam juhud/ ingkar (sungguh) dan Hatta (sehingga) dan jawab (niscaya) dengan Fa dan jawab (niscaya) dengan Waw dan dengan Au.

Dan bermula segala amil tukang penjazam itu 18, dan bermula dia 18 itu: "Lam (tidak) dan Lamma (manakala) dan Alam (adakah tidak) dan Alamma (adakah tidak) dan Lam amar (hendaklah) dan Lam doa (hendaklah) dan Lam pada nahi/ larangan (janganlah) dan pada doa (janganlah) dan In (jika) dan Ma (Apa saja) dan Man (siapa saja) dan Mahma (kapan saja) dan Idzma (ketika) dan Ayyu (mana saja) dan Mata (kapan saja) dan Ayyana (dimana saja) dan Ayna (dimana saja) dan Anna (dimana) dan Haitsuma (kapan saja) dan Kaifama (bagaimana saja) dan Idza (apabila) dalam syair, hal keadaan idza itu yang terkhusus.

Kunjungi Halaman Selanjutnya Di Sini
Kunjungi terjemahan kitab yang lain di Daftar Isi>>
Keritik dan sarannya kami tunggu sahabat santri. Terimakasih...

2 Responses to "Terjemahan Kitab - Matan Al-Jurumiyah Makna Dayah | Terbaru 2019 | Bermula Ini Itu (Kitabkuning90)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel